oleh

Orang Berduit Tak Terpengaruh Pandemi, Ribuan Mobil di GIIAS 2021 Laku Terjual

otobantenpro – Pandemi Covid-19 di Indonesia tak berpengaruh untuk sebagian orang. Buktinya, ribuan orang Indonesia mampu membelanjakan uangnya untuk membeli ribuan mobil baru.

Ini terbukti dari gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengungkapkan penyelenggaraan GIIAS kali ini telah memuaskan semua pihak.

“Dapat terlihat bahwa semua pihak merasa senang dengan penyelenggaraan dan pencapaian pada GIIAS tahun ini. Pengunjung happy karena ada banyak produk dan teknologi terkini yang diperkenalkan, para peserta happy karena GIIAS 2021 ini dapat menjadi pendorong pencapaian mereka, dan yang penting juga adalah Gaikindo dapat menunjukkan kepada semua pihak termasuk Pemerintah, prestasi dari industri otomotif Indonesia,” tutur Nangoi.

Menurutnya meski GAIKINDO tidak pernah menetapkan penjualan sebagai target pada GIIAS, saat ini pencapaian dari seluruh peserta akan menjadi faktor penting pendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.

GIIAS 2021 juga masih menjadi magnet bagi para pengunjung. Meski dalam kondisi pandemi dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, antusiasme masyarakat terhadap penyelenggaraan GIIAS tercatat sangat tinggi.

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2021 menyebutkan bahwa dengan perubahan status PPKM wilayah Kabupaten Tangerang menjadi level 1 jelang pameran berlangsung, turut meningkatkan angka pengunjung sesuai dengan batas kapasitas pengunjung maksimal, sebanyak 75% dari total area tempat penyelenggaraan.

“Sejak awal, penyelenggaraan GIIAS 2021 mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat, pengunjung antusias hadir di area pameran dan mempersiapkan diri dengan syarat serta ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan. Puncaknya adalah setelah Bapak Joko Widodo hadir, tentu saja menimbulkan publikasi yang cukup luar biasa sehingga pengunjung yang datang terus-menerus meningkat,” jelas Rizwan.

Baca Juga :  Hyundai Creta, Mobil dengan Fitur Canggih Terkoneksi ke Ponsel

Sebanyak 293.252 pengunjung tercatat hadir sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2021. Rizwan menjelaskan bahwa potensi pengunjung sebenarnya dapat lebih besar dari angka tersebut, namun Gaikindo tetap memberikan batasan pada kuota penjualan tiket di setiap sesi kunjungan tiap harinya. Ini untuk memastikan protokol kesehatan Covid-19 terus terjaga dan pengunjung tetap aman dan nyaman.

Berdasarkan laporan dari beberapa agen pemegang merek (APM), ribuan mobil berhasil terjual selam pameran GIIAS 2021. Bahkan, satu motor gede (moge) seharga Rp 1 miliar laku terjual.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) dalam keterangan resminya, di GIIAS 2021 mereka membukukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 4.502 unit. Dari total SPK itu, All New Veloz dan All New Avanza memberikan kontribusi paling besar, dengan masing-masing 823 unit dan 711 unit, atau 34% dari total seluruh model Toyota.

Selanjutnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melaporkan, selama 11 hari penyelenggaraan pameran GIIAS 2021, MMKSI telah membukukan pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 2.623 unit. Mayoritas di antaranya adalah Mitsubishi Xpander facelift.

Wuling sebagai satu-satunya merek mobil China yang hadir di GIIAS membukukan total 1.448 SPK. Mobil-mobil Wuling juga telah dicoba 621 konsumen.

Dari roda dua, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mengukuhkan total penjualan sepeda motor Honda sebanyak 1.058 unit di GIIAS 2021. Model anyar CB150X berhasil terjual sebanyak 59 unit dan berkontribusi signifikan sebesar 51% terhadap penjualan tipe sport sebesar 116 unit selama pameran berlangsung.

Jajaran motor Big Bike Honda terjual sebanyak 32 unit dengan penjualan terlaris yakni Honda CB500X sebesar 19 unit. Honda Gold Wing yang dijual seharga Rp 1,1 miliar pun terjual 1 unit. (bpro)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *